Entri Populer

Kamis, 16 Desember 2010

Hakikat Sebuah Mimpi

Oleh


Ryan Alief Putra



Mimpi adalah suatu harapan yang ingin kita dapatkan. Oleh karena itu semua orang harus mempunyai mimpi. Mimpi bersifat universal. Orang kaya maupun miskin boleh bermimpi. Karena untuk bermimpi tidak perlu membayar sepeserpun. Siapapun yang memiliki mimpi harus punya strategi untuk mewujudkannya. Artinya jangan apa yang kita impikan hanya menjadi impian kosong belaka yang tidak ada konkritnya. Inilah hakikat sebuah mimpi. Yang artinya bukan saja kita berangan untuk menggapainya tetapi strategi apa yang harus kita lakukan agar mimpi kita dapat terwujud.

Ada tiga strategi apabila anda ingin mewujudkan mimpi anda, diantaranya:

1. Wish

Ada pepatah mengatakan Where there is a will there is a way, dimana ada keinginan maka disitu ada jalan. Langkah pertama adalah tanamkan dalam diri anda bahwa anda menginkan sesuatu yang ingin anda gapai. Karena keinginan merupakan konsep sebuah mimpi. Artinya keinginan adalah penjabaran dari mimpi anda. Dengan adanya penjabaran tersebut, maka anda akan memiliki petunjuk dan rumusan tentang bagaimana dan apa yang harus anda lakukan.

2.Action

Setelah anda memiliki keinginan dan anda merasa mantap dengan keinginan anda maka anda harus melakukan berbagai action atau tindakan untuk mewujudkan keinginan anda. Misalkan, anda ingin menjadi seorang juara dalam Olimpiade Matematika. Nah anda tentu harus belajar giat, berlatih, belajar dengan ahlinya, dan tentu dengan berdoa.

Anda harus konsisten melakukan itu semua. Namun ibarat pepatah" semakin jauh kapal berlayar semakin kencang angin menerpa", nah dalam hal ini ketika anda melakukan seuatu untuk mewujudkan mimpi anda, seringkali hambatan datang untuk menggagalkan mimpi anda. Hambatan tersebut ada banyak dan yang paling krusial adalah malas. Sifat malas pada hakikatnya manusiawi. Setiap orang pasti punya rasa malas. Namun sifat malas ibarat parasit. Artinya anda jangan memelihara sifat malas dalam diri anda. Anda harus membunuh sifat malas tersebut dengan membayangkan konsekwensi buruknya.

Disamping sifat malas, hambatan bisa jadi karena terbatasnya kemampuan dan finansial. Memang ini tidak mudah. Nah disinilah pikiran anda diuji. Bila anda ingin menjadi sukses anda harus mampu mengubah hambatan ini menjadi sebuah peluang. Sebab dibalik sebuah hambatan dan rintangan seringkali mengandung peluang yang dapat mengakselerasi terwujudnya keinginan anda.

3. Pray


Dalam menjalani hidup ini anda harus menjalankan komunikasi vertikal yakni dengan Tuhan. Karena Tuhan anda lahir ke dunia, karena Tuhan anda bisa bernafas, karena Tuhan anda diberkahi akal dan pikiran, oleh karena itu anda harus selalu bersyukur. Berkaitan dengan mimpi, Tuhan akan selalu mendengar mimpi para hambaNya. Namun Tuhan hanya akan mendengar dan mewujudkan impian anda bila anda sudah berusaha.

Namun berusaha tanpa berdoa artinya anda takabur. Anda tidak menyertakan Tuhan untuk mewujudkan mimpi anda. Oleh karena itu berdoalah selalu kepada Tuhan dan senantiasa Ingatlah Dia. Dengan anda mengingat Tuhan maka Tuhan akan selalu memberikan jalan kemudahan bagi anda. Kesulitan yang mungkin anda rasakan mustahil menjadi mungkin karena Tuhan memberikan anda kemudahan.

Berdasarkan itu semua bila anda mewujudkan mimpi anda maka rumusnya:

                           DREAMS = WISH + ACTION + PRAY

Ketiganya memiliki keterkaitan satu sama lain dan merupakan unsur yang harus ada. Saya yakin anda adalah orang - orang yang beruntung dan anda memiliki ketiganya. Perbesarlah mimpi anda, lakukan ketiganya, maka anda adalah orang - orang yang beruntung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar